5 Situs untuk Belajar Pemrograman Gratis

Halo, readers! Pada artikel lalu sudah dijelaskan bahwa salah satu cara agar tidak ketinggalan dengan teknologi adalah self-improvement. Self-improvement artinya mengembangkan kemampuan diri sendiri seperti mengikuti seminar dan tutorial online.

 

Apakah kalian merasa skill programming anda jauh dibawah teman-teman anda? Atau kamu bukan anak IT tapi ingin tahu rasanya belajar coding? Tidak masalah! Di jaman digital saat ini ada begitu banyak situs internet yang memfasilitasi kita untuk belajar bahasa pemrograman alias coding gratis. Di artikel ini ada 5 situs terbaik untuk pemula yang ingin belajar coding. Apa saja itu?

 

Codecademy

Codecademy adalah situs yang sangat populer untuk belajar pemrograman secara interaktif. Ia memiliki antarmuka yang membantu dan bermacam-macam course yang sudah terstruktur dengan rapi. Saat kamu mengunjungi halaman utamanya, kamu sudah bisa merasakan memogramkan sesuatu dengan on-screen console. Course yang disediakan oleh codeacademy mulai dari Web Dasar, PHP, JavaScript, jQuery, Python, Ruby and APIs.

codecademy

Pada setiap babnya ada panel yang menjelaskan kode penting dan instruksi. Panel lain adalah tempat anda menulis code yang jika benar maka anda bisa masuk ke bab selanjutnya. Tak usah khawatir membuat kesalahan, karena baik instrukse dan panel code akan memberimu peringatan error dan hints.

Code Avengers

Code Avengers diperuntukkan bagi kalian yang suka programming. Meskipun mereka hanya menawarkan materi HTML5, CSS3, dan Javascript, setiap materi benar-benar didesain untuk menghibur kalian sembari meningkatkan level programming-mu tanpa merasa lelah. Pada akhir pelajaran kalian bisa bermain mini-game untuk melepas stress.

code avengers

 

Code School

Jika kamu sudah menyelesaikan materi yang ada di Codeacademy atau Code Avengers, dan siap untuk melangkah ke jenjang yang lebih sulit maka Code School adalah pilihan yang tepat untukmu. Tidak seperti situs belajar interaktif yang lain, Code School menawarkan in-depth courses untuk melatihmu menjadi seorang ahli dengan mengerjakan challenge yang ada disana.

 

Sayangnya tidak semua materi disana bisa kamu akses. Untuk mendapat akses sepenuhnya kamu harus berlangganan yang akan dikenakan biaya 29$/bulan.

 

Treehouse

Treehouse lebih cenderung ke project-oriented daripada languange-orineted, sehingga situs ini cocok untuk programmer pemula yang punya rencana tujuan, seperti membangun website atau aplikasi. Sebagai contoh, materi website mengajarkan bagaimana membangun website responsive, website interaktif dan tema WordPress. Kamu bisa mencoba gratis Treehouse selama 7hari, setelah itu jika ingin lanjut belajar kamu bisa membayar sebesar 25$/bulan

 

Free Code Camp

Di Free Code Camp, kamu akan belajar skill hebat sembari (perlahan-lahan) membangun project nyata untuk organisasi non-profit. Situs ini adalah komunitas open-source yang menyediakan ratusan tantangan coding, proyek, sertifikat, dan lain-lain. Yang lebih bagus, semua fitur disini bisa kamu akses gratis!

 

 

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan 5 situs gratis untuk belajar pemrograman? Sekarang tinggal niat kalian saja. Mau diam saja menunggu dosen/guru kalian menyuruh atau belajar biar tidak ketinggalan dengan pesaing kalian di dunia kerja nantinya?


Sumber: http://www.hongkiat.com/blog/sites-to-learn-coding-online/ dan https://www.forbes.com/sites/laurencebradford/2016/12/08/11-websites-to-learn-to-code-for-free-in-2017/#45e33b469c47

TOP